Tidak Pernah Terbayang Untuk Liburan di Yogyakarta? Inilah 6 Tempat Menakjubkan yang Akan Mengubah Pikiran Anda

Sering disebut sebagai ‘Jogja’, Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Indonesia di bawah pemerintahan kolonial Belanda. Saat ini, kota ini tetap menjadi pusat budaya yang ramai di Jawa dan kota yang kaya dengan acara seni, landmark bersejarah, dan wisata alam yang indah. Jika Anda pernah bepergian ke Indonesia sebelumnya, tetapi hanya mengunjungi tujuan-tujuan biasa seperti Bali dan Bandung, baca terus untuk mengetahui mengapa Anda harus memasukkan Yogyakarta ke dalam rencana perjalanan Anda pada tahun 2019 ini.

Berikut adalah 6 tempat menakjubkan di Yogyakarta yang harus dikunjungi!

1. Kuil dijalankan di kuil Buddha dan Hindu kuno yang terkenal di dunia 

anyakan siapa saja apa Yogyakarta yang paling terkenal dan salah satu balasan paling umum yang akan Anda terima adalah kuil bersejarah – yaitu Borobudur dan Prambanan yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Apa yang diharapkan:

  • Dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra (selama abad ke 8 dan 9 M), kompleks candi Borobudur adalah salah satu monumen Budha terbesar di dunia yang menampilkan stupa, lebih dari 2.500 panel, dan 504 patung Buddha yang digunakan untuk menghias candi.
  • Banyak pengunjung juga menceritakan bagaimana candi ini adalah tempat yang tepat untuk mengagumi arsitektur tradisional Jawa dan pengaruh seni Gupta.
  • Untuk pengalaman yang lebih ajaib, kunjungi halaman kuil di pagi hari untuk menghindari keramaian dan membuat waktu untuk menangkap matahari terbit yang indah.
  • Setelah Anda selesai menjelajahi Borobudur, langsung menuju Prambanan (sekitar 1,30 – 2 jam perjalanan), sebuah kuil Hindu abad ke-9 yang menampilkan bangunan menjulang yang akan membuat Anda kagum.
  • Anda bahkan dapat menyaksikan pertunjukan sendratari Ramayana mulai jam 7.30-9.30 malam yang didasarkan pada sejarah Hindu Raja Rama, diadaptasi menjadi tarian lokal yang menampilkan lebih dari 200 penari dan musisi profesional!

2. Jelajahi Gua Jomblang seperti Indiana Jones 

Jika Anda seorang pencari sensasi, maka memasukkan tur ke gua Jomblang dalam daftar ember Anda adalah suatu keharusan. Gua itu terbentuk dari proses alami ketika reruntuhan membentuk lubang pembuangan, membuat mulut sekitar 50m lebar. Kami menyarankan untuk melakukan tur sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang mendapatkan di sini dari pusat kota.

Apa yang diharapkan:

  • Rapell turun sekitar 60 meter ke perut gua untuk menjelajahi ekosistem flora endemik yang kaya dan struktur geologi yang unik.
  • Banyak pengunjung menceritakan bagaimana menjelajahi gua terasa seperti berada di film Jurassic Park!
  • Gua Jomblang hanyalah bagian dari kompleks gua yang terhubung ke gua raksasa lain, Goa Grubog, melalui terowongan sepanjang 250 m.
  • Setelah Anda berada di Goa Grubog, berpose di bawah sinar cahaya yang mengalir dari lubang pembuangan – pengalaman yang benar-benar ajaib yang akan terukir dalam ingatan Anda selamanya.

3. Ambil foto yang layak IG di Hutan Pinus Pengger

Jika Anda ingin mempercantik feed Instagram Anda dengan foto perjalanan yang unik, maka tidak ada tempat yang lebih baik dari Hutan Pinus Pengger untuk melakukan hal itu.

Apa yang diharapkan:

  • Benamkan diri Anda di antara pohon-pohon pinus saat Anda berkeliling berpose di banyak tempat foto yang ditawarkan taman seperti tempat tangan unik di tepi tebing.
  • Ini juga merupakan tempat yang baik untuk bersantai di malam hari dan mengambil foto-foto indah dengan latar belakang lampu kota Yogyakarta.
  • Anda bahkan bisa mendapatkan fotografer lokal yang berpengalaman untuk mengambil foto Anda di ‘tempat selfie’ taman. Tentu saja, itu tidak gratis lah karena biaya kecil 2 ribu dibebankan per foto.

4. Naik wahana gondola yang mengasyikkan melintasi laut di Pantai Timang

Ini adalah kegiatan bukan untuk menjadi lemah hati! Terletak di sebelah tenggara pusat kota, pantai Timang menawarkan pengalaman mendebarkan yang tiada duanya.

Apa yang diharapkan:

  • Masuki gerobak kayu yang terpasang pada sistem katrol tali, sementara ombak menabrak tebing tepat di bawah Anda karena desakan adrenalin!
  • Menariknya, gondola ini awalnya digunakan oleh penduduk desa untuk membawa lobster kembali ke darat.
  • Bahkan, tempat itu sangat populer sehingga bahkan ditampilkan dalam acara TV realitas Korea yang populer, Running Man.
  • Pilihan mendebarkan lainnya adalah jembatan gantung yang bisa Anda lewati dengan kecepatan Anda sendiri.

5. Ikuti tur jeep ke Gunung Merapi

Jika Anda belum tahu, Gunung Merapi , secara harfiah berarti gunung api dalam bahasa Inggris, adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Saat ini, para pelancong dapat memilih beberapa tur jip yang menjelajahi berbagai area gunung.

Apa yang diharapkan:

  • Pergilah naik jip yang mengasyikkan ke lereng gunung berapi saat Anda melewati desa-desa yang hancur selama letusan sebelumnya.
  • Beberapa tur membawa Anda ke Museum Sisa Hartaku  (Museum Harta Sisa Saya, dalam bahasa Inggris) di mana Anda akan dekat dan pribadi dengan artefak yang terkait dengan letusan pada tahun 2010. Catatan: letusan terbaru adalah tahun ini pada bulan Februari. 
  • Mendaki gunung dengan tur berpemandu adalah pilihan bagus lainnya untuk menangkap matahari terbit dari puncak gunung berapi. Kenaikan biasanya memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam tergantung pada tingkat kebugaran.

6. Lihat acara seni yang menarik seperti festival ARTJOG tahunan 

Yogyakarta benar-benar adalah kota dengan kejutan di setiap sudut. Dan dengan festival ARTJOG tahunan yang menarik di Jogja National Museum yang berlangsung dari 25 Juli – 25 Agustus, tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk mulai merencanakan liburan Anda!

Apa yang diharapkan:

  • ARTJOG adalah festival seni kontemporer internasional yang mencakup berbagai disiplin ilmu seperti seni visual, musik, tari, dan seni pertunjukan yang dapat diakses oleh publik.
  • Acara selama sebulan ini memungkinkan seniman dari berbagai disiplin ilmu untuk berbagi pengetahuan dan cinta mereka untuk kerajinan mereka dengan anggota masyarakat, serta terhubung dengan seniman berpengaruh lainnya juga.
  • Tema untuk ARTJOG 2019 adalah “Arts in Common” yang berarti seni sebagai bahasa universal, mengambil inspirasi dari kepercayaan bahwa ekspresi artistik adalah manifestasi dari kreativitas, sesuatu yang dimiliki setiap orang.
  • Dan hari pembukaan acara benar-benar GRATIS untuk semua! Biaya masuk yang kecil sebesar 50.000 per orang akan dibebankan setelah itu.

sekian dulu dan terimakasih

kepoin juga artikel lainnya.