Ternyata, Ini 5 Sikap Pria yang Membuat Wanita Jadi ‘Auto-Respect’

Kepotime – Akal budi sudah ditanamkan di dalam diri setiap individu oleh Sang Pencipta. Kendati demikian, manusianyalah yang terkadang lalai dalam menggunakannya dengan bijak. Misalnya saja bertutur dan bertingkah destruktif yang tentunya menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang-orang sekitar. Begitu pula dalam menjalani hubungan asmara.

Pada hakikatnya, bukan limpahan materi yang akan membuat wanita menjadi ‘respect’ pada pasangannya, namun elok budilah yang akan memberi damai pada batinnya. Sederhana, inilah beberapa contoh sikap tersebut.

1. Mencurahkan perhatian tanpa berlebihan

Terkadang, bersikap acuh tak acuh itu pun perlu dalam sebuah hubungan. Pasalnya, apabila bentuk perhatian kepada pasangan terlampau dicurahkan dengan menggebu, hal tersebut malah membuat pasangan rentan manja, bergantung, dan terbiasa dilayani.

Padahal, hidup tak cuma soal asmara. Agaknya kedua belah pihak pun harus lapang dalam menyikapi polemik dalam hubungan, jangan malah latah minta diperhatikan setiap saat dengan mengabaikan situasi pasangan. Jadilah mandiri.

2. Membelajarkan tanpa selalu mendikte

Masing-masing individu punya kekurangan dan kelebihan. Salah satu kiat untuk membenahi perilaku buruk pada pasangan ternyata bukan dengan terus menyinyiri ini dab itu. Akan tetapi, berikan contoh langsung yang tak cuma kata, melainkan tindakan nyata.

Lakukan dengan konsisten, dengan harapan supaya pasangan dapat berinstropeksi diri tanpa harus didikte bahwa tingkah kelirunya itu memang tak sepatutnya dipertahankan. Misalnya, jika si wanita kerap meluap-luap saat marah, maka pasangannya jangan malah membalas serupa melainkan tetaplah tenang.

3. Marah tanpa berkata kasar dan main tangan

Tak salah apabila orang-orang bilang bahwa sifat asli seseorang dapat terlihat ketika dia tengah naik pitam. Apabila si dia mampu mengelola luapan amarahnya tanpa harus berkata kasar dan main tangan, berarti dia adalah sosok yang terbilang matang secara mental.

Pasalnya, mengelola emosi itu bukanlah perkara sepele. Jika dia masih mampu mengontrol diri saat bertengkar hebat, maka dapat dikatakan bahwa memanglah pribadinya yang terbilang berbudi.

4. Menenangkan dan tak latah menyalahkan

Polemik dalam hubungan asmara itu adalah hal yang pasti. Namun, masalah jangan malah dicari, cukup hadapi saja jika datang menghampiri, jangan malah melarikan diri. Jangan pula latah terus menyalahkan pasangan atas apa yang terjadi.

Apabila pasangan tak menyudutkan ketika bertengkar, malah berusaha menenangkanmu, serta mengutarakan dengan baik untuk dia pun akan mencoba berinstropeksi diri, maka dapat disimpulkan bahwa pasangan tersebut memiliki kontrol diri yang cukup mumpuni. Dia tak terbawa emosi dan masih mengandalkan logika dalam menyikapi hal tersebut.

5. Menjaga, tanpa harus mengekang

Terkadang, rasa sayang yang terlampau dalam justru menjadi bumerang. Sebab, jika tak dikelola dengan baik, perasaan itu malah mengarah pada sikap over-protective terhadap tindak-tanduk pasangan. Oleh sebab itu, menjagalah tanpa harus mengekang.

Kendati diniatkan demi pasangan itu sendiri, ataupun hubungan, namun tanpa disadari hal itu malah membuat pasangan merasa terkungkung. Belajarlah untuk menata ego, meluweskan pikiran, dan tak terlampau terfokus pada tetek-bengek asmara semata demi hubungan yang lebih stabil tanpa gonjang-ganjing berarti.

Itulah beberapa sikap yang sesungguhnya mampu membuat wanita menghormati pasangannya tanpa harus dihujani hadiah mewah, ditemani kesana kemari, ataupun terus dituruti maunya. Alhasil, wanita pun merasa terayomi dengan baik atas kedewasaan mental pasangannya tersebut. Jadilah pasangan yang mendampingi, bukan malah untuk memenuhi ambisi.