Inilah cara Anda dapat menginstal Google Assistant di Samsung Smartwatch Anda

Saya penggemar jam tangan pintar Samsung berbasis Tizen, sungguh. Ada sesuatu yang selalu memuaskan tentang menggulir menu dan pesan dengan pemutar putar (Saya menggunakan Galaxy Watch), dan seluruh OS terasa jauh lebih optimal daripada rekan-rekan Wear OS-nya.

Tetapi bagian dari apa yang membuat banyak orang frustrasi tentang jajaran produk pintar Samsung adalah kurangnya dukungan untuk Google Assistant. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih untuk mengabaikan kontrol suara sepenuhnya, atau mengandalkan Bixby milik Samsung sendiri — asisten virtual yang telah membagi pendapat sejak pertama kali diperkenalkan.

Secara pribadi, saya baik-baik saja dengan Bixby sebagai fitur tambahan, tetapi saya ingin dapat memanggil Asisten Google di Galaxy Watch saya juga. Dan berkat solusi pihak ketiga, kini dimungkinkan untuk memiliki Google Assistant di jam tangan pintar terbaru Samsung. Ini termasuk Samsung Galaxy Watch (42 mm dan 46 mm), Galaxy Watch Active, dan Gear Sport.

Steps

Proses instalasi agak membingungkan, tetapi Anda harus baik-baik saja jika Anda mengikuti instruksi dengan cermat:

  1. Pertama, unduh GAssist di Galaxy Store di aplikasi Galaxy Wearable di smartphone Android Anda.
  2. Anda juga harus menginstal aplikasi pendamping GAssist dari Google Play Store. Harap perhatikan bahwa proses ini tidak berfungsi jika Anda menggunakan perangkat iOS.
  3. Langkah selanjutnya ini melibatkan mendapatkan ‘kunci’ untuk Google Asisten, yang melibatkan beberapa langkah. Pertama, menuju ke Google Cloud Platform Console — buka tab beranda — klik Buat untuk membuat proyek baru.
  4. Sekarang, buka API & Layanan di menu navigasi, dan klik Aktifkan API dan Layanan. Sesampai di sana, cari “Google Assistant”, dan klik Enable.
  5. Sekarang, klik Buat Kredensial setelah GA API diaktifkan. Pilih Google Assistant API, dan ketika memilih Android untuk bagian yang menanyakan dari mana API akan berasal. Untuk data yang sedang diakses, pilih Data Pengguna.
  6. Ikuti instruksi untuk mengatur Layar Persetujuan, dan masukkan nama aplikasi yang Anda pilih sebelumnya.
  7. Anda akan diminta untuk memilih kredensial apa yang ingin Anda buat — ID klien OAuth> Lainnya> Buat> OK.
  8. Sekarang, unduh file JSON, dan beri nama secrets.json.
  9. Sekarang buka aplikasi GAssist di ponsel cerdas Anda, dan muat file JSON yang disebutkan di atas. Ikuti langkah-langkah di layar untuk memberikan izin yang diperlukan GAssist dan untuk mengotentikasi aplikasi.
  10. Sekarang karena kita hampir di akhir, Anda juga dapat masuk ke aplikasi Galaxy Wearable di ponsel cerdas Anda untuk memetakan kembali tombol Bixby Anda ke Google Assistant. Cukup buka Pengaturan> Lanjutan> Tekan Dua Kali Tombol Rumah, dan alihkan opsi ke GAssistNet.

Dan begitulah! Agak sulit untuk membuatnya berfungsi, tetapi Google Assistant bekerja sangat baik pada jam tangan pintar untuk solusi pihak ketiga. Jika arloji Anda memiliki speaker, Anda bahkan dapat mendengar suara yang sama dengan Google Home dan Assistant di perangkat Android.

Harap perhatikan bahwa Anda tidak akan benar-benar memiliki akses ke fitur lengkap Google Assistant. Misalnya, Anda tidak akan dapat melakukan apa pun dalam hal pengaturan perangkat atau kontrol sistem; Anda tidak akan dapat menampilkan gambar juga. Tetapi jika Anda memiliki pengaturan rumah yang cerdas, atau Anda lebih suka meminta Google Asisten trivia acak daripada Bixby (Saya menemukan GA lebih baik dalam memahami apa yang saya katakan), solusi GAssist masih cukup hebat.

Bagaimanapun, Anda masih dapat memanggil Bixby untuk tugas-tugas sistem bahkan jika Anda telah memetakan ulang tombol untuk Google Analytics. Yang harus Anda lakukan, tentu saja, katakan: “Hai Bixby”.